Leave a comment


1. Hukum Gravitasi Umum

Gaya yang menyebabkan benda jatuh ke tanah merupakan gaya yang membuat planet-planet terus mengitari matahari. Sir Isaac Newton adalah orang pertama yang mengetahui hal ini. Pada tahun 1687,ia membuktikan dan menjelaskan di dalam buku Principia, bahwa planet-planet mengitari matahari karena adanya gaya gravitasi(gaya tarik bumi) yang menarik planet itu ke arah matahari. Dalam penelitiannya,Newton juga menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan planet-planet supaya tetap pada orbitnya diperlukan sebuah gaya. Gaya tarik-menarik antara dua benda tersebut dipengaruhi jarak kedua benda tersebut,sehingga gaya gravitasi bumi berkurang sebanding dengan kuadrat jaraknya. Bunyi hukum gravitasi Newton adalah: Setiap partikel di alam semesta ini akan mengalami gaya tarik satu dengan yang lain. Besar gaya tarik-menarik ini berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. Secara matematis hukum gravitasi Newton dapat dituliskan sebagai berikut:

F = G m1.m2 /r2

Keterangan:

F = gaya tarik-menarik antara kedua benda

(N) m1 = massa benda pertama (kg)

m2 = massa benda kedua (kg)

r = jarak kedua benda (m)

G = tetapan gravitasi (G = 6,672.10-11 Nm2/kg2 )

Gaya Gravitasi merupakan besaran vektor. Jadi,bila ada lebih dari satu massa yang menghasilkan gaya,maka gaya gravitasi totalnya merupakan resultan dari vektor gravitasi benda-benda tersebut.

2. Medan Gravitasi

Medan gravitasi dapat diartikan sebagai daerah yang masih mendapat pengaruh gravitasi. Makin tinggi suatu tempat dari permukaan bumi, maka nilai gravitasinya makin kecil begitupun sebaliknya. Akan tetapi nilai gravitasi di titik pusat massa bumi adalah NOL. Gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda dan berada dalam medan gravitasi bumi dapat menimbulkan percepatan yang disebut dengan percepatan gravitasi bumi. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:

w = m.g = GMm/R3

Dari persamaan di atas didapatkan persamaan sebagai berikut:

 g = G M /R2

Keterangan:

 g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)

 r = jarak kedua benda (m)

G = tetapan gravitasi (G = 6,672.10-11 Nm2/kg2

M = massa bumi (kg)

m = massa benda (kg)

Posted September 11, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: