The Power of “PASRAH”   Leave a comment


Wehehehe…

apa kabar kawan2 semua?

Baik2 kah? Jika iya,begitupun juga saya….

Hari ini saya alhamdulillah dalam keadaan yang baik2 saja,sehat wal’afiat

dan masih diberi kesempatan untuk menulis blog. ūüėÄ

Namun,kemarin saya baru saja mengalami suatu kejadian yang sempat membuat saya berada dalam titik terendah dalam hidup,dimana saya pada saat itu merasa seperti menjadi orang yang tidak berguna…..

Kenapa masalahnya?? Selintas sepele memang masalahnya,yakni aku kehilangan Kartu Keluarga(KK)-ku!!!!!!

Gimana bisa?? Gini ceritanya…..

Kemarin,Selasa,22 Desember 2010 tepat di saat orang-orang merayakan hari Ibu dengan bahagianya,aku malah sempat membuat Ibuku menangis menitikkan air mata(How useless your son is,Mam) ūüė•

Ceritanya bermula pada siang hari,aku pada saat itu tengah ber-OL ria didepan PC kesayanganku. Dan,tiba2 Ibu mengajakku untuk menemaninya mengambil KK di Kecamatan Medan Satria. Ya sudahlah karna ini Hari Ibu aku berusaha untuk menjadi anak yang baik dan penurut dan segera saja aku matikan PC-ku dan segera mengambil sepeda motorku.

Siang yang agak adem memang saat itu,memang adem karna mendung dan kelihatannya mau turun ujan.

Alkisah,sampailah gue di Kantor Kecamatan,tanpa harus menunggu lama nama Ibupun langsung dipanggil oleh petugas loketnya. Dan,langsung diterimalah KK baru itu(maklum lah gue kan pindahan jadi mesti bikin KK baru) dan senang hati ini bercampur lega karena perlu tau aja kalo butuh waktu 3 minggu untuk menunggu KK itu(lama ya? sebenarnya bisa lebih singkat lagi,tapi mesti ada syaratnya,ngerti maksudnya kan? hehehe)

Ya udah,dititipilah KK itu dikantong celanaku. pikirku ya gak papa mengingat kantong itu cukup dalam dan tidak pernah benda yang kukantongi dalam celanaku ini jatuh ada hilang. Tak pernah.(wow takabur kali aku ini).

Sesampainya dirumah Ibuku meminta KK yang kukantongi itu dan….WHAT????!!! Hilang?????!!!!!!!

Kurogoh kantong celanaku dalam2 dan ternyata…HILANG???!!!!!!!

Marah sekali Ibukku waktu itu,kemarahan yang wajar memang dan aku patut disalahkan karena tak mampu menjaga sesuatu bahkan yang sepele sekalipun.

Aku meminta Ibukku tuk tetap tenang,walau kumengerti kegalauannya saat itu.

Ya sudahlah pada saat itu walau juga gundah tapi aku coba untuk tetap berkepala dingin. Kucari dan kutelusuri setiap sudut ruang yang sempat kusambangi. Tapi tetap gak ada.

Dan,mau gak mau akupun nyari ke jalan2 yang kulweati dalam perjalanan tadi. Secara perlahan kuamati dengan teliti tiap inci jalanan dan hasilnya tetap sama…TIDAK ADA!!!

But,That’s not the over..

Pencarian pun dilanjutkan ke gedung BCA Harapan Indah,soalnya sebelum pulang kami sempat mampir dulu ke BCA untuk mengeprint rekening tabungan.

Kami minta ke Satpamnya,yaitu pak Eko untuk membantu kami mencarinya.

Tapi,tetap GAK ADA!

Hah??

Dunia serasa mau runtuh..pingin banget misuh,marah atau nangis.

Tapi aku ingat bahwa aku ini laki-laki. Gak boleh nangis,pantang menitikkan air mata. Palingan aku cuma bisa misuh sambil ngumpat2 dalam hati doang. Dan salah satu umpatan gue yang paling parah adalah:

MODARO KON MAS,DADI MENUNGSO KOK ORA GUNO!

DIPARAHI KEO NGUNU WAE KOK GA ISO..

MODARO KON MAS! JANC*K!!

artinya:(kasar yang jelas,tanya aja ama temen2 mu yang orang Surabaya)

Umpatan tadi itu diucapkan oleh aku sendiri dan khusus  untuk aku juga.

Apalagi ketika melihat ibukku menitikkan air mata,kontan membuat umpatan itu sangat pantas ditujukkan kepadaku.

Sekali lagi: JANC*K UNTUKKU!!!

Meski cuma mbatin alias cuma bergumam…

 

Merasa putus asa,kamipun pulang dan langsung ke rumah pak RT.

Melaporkan kejadian sial yang baru saja kami alami ini.

Pak RT dengan baik hati menganjurkan kami agar bikin baru tapi sebelumnya kami harus laporan dulu ke Polisi.

Gak usah jauh2 ke Polres,cukup ke Pos Polisi yang ada di deket Bunderan Arwana saja.

Ya udah,kamipun pasrah dan pulang ke rumah dulu sebelum melapor.

Kami mesti pulang mengingat kami belum shalat Ashar,pada saat itu waktu menunjukkan pukul 5 sore.

Setelah shalat Ashar akupun sempat berdoa kepada Allah SWT.

Kira2 bunyinya begini:

“YA ALLAH,JIKALAU BENDA ITU(KK) MESTI HILANG,YA SUDAHLAH,NAMUN JIKALAU KK ITU MASIH MILIK KAMI,TUNJUKKAN PADA KAMI DIMANA BENDA ITU,YA ALLAH…KAMI TELAH BERUSAHA SEKUAT TENAGA MENCARI KINI KUSERAHKAN SEMUA PADAMU. KAMI PASRAH YA ALLAH”

Selesai Shalat,kami akui  hati kami jadi lebih adem dan tenang.(Miracle of Shalat,You must believe it)

Dan,tak lama kemudian Kakakku datang dari kantor.

Ibukku menjelaskan semuanya padanya. aku udah PASRAH aja dan siap jikalau aku jadi sasaran tembak. memang itu Pantas kok.

Tapi,alhamdulillah walau dengan pikiran yang lelah dan semrawut seusai berjibaku dengan kemacetan Ibukota pada saat perjalanan Pulang,kakakku tidak marah sedikitpun,hanya menasihati sedikit.

Tindakkan yang logis memang tiada gunanya Menyesali apa yang tlah hilang.

Luapan Emosipun tak bisa mengembalikkan semuannya.

Kami pun,pamitan untuk ijin laporan ke Polisi mumpung kasusnya masih hangat. Tapi aku meminta pada ibukku agar kita naik angkot sala.

Terus terang,aku udah capek jikalau mesti naik motor lagi.

Ya udah,dikabulkanlah permintaan itu.

Sebelum kami laporan,kita terlebih dahulu mampir ke toko Fotocopy untuk memfotokopi KTP ibukku dulu.

Ketika hendak memfotokopi,ndelalah Pak Gendut,sang pemilik toko fotokopi itu bertanya pada kita: APAKKAH KITA KEHILANGAN SESUATU?

Kami mengiyakan,dan betapa terkejutnya kami ketika mendengar bahwa ternyata dia MENEMUKANNYA!

ALHAMDULILLAH!!!!!

Bersyukur banget kami pada saat itu..tak lupa kami haturkan terimakasih pada Pak Gendut yang telah menemukan KK kami.

Bagi orang lain itu mememang gak Berarti,tapi bagi kami itu PENTING BANGET!

ALHAMDULILLAH……..

Yupz,peristiwa barusan adalah kisah nyata yang kualami sendiri dan mengandung banyak hikmah di dalamnya.

aku nyesel banget karna aku masih blum bisa jadi hamba-Mu yang tawakkal,Ya Allah.

Terbukti dengan sumpah serapahku yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya.

Memang benar Firman Allah SWT dalam Surat Al Maarij ayat 19 bahwasanya Manusia memang tercipata sebagai makhluk yang suka berkeluh kesah.

Benar-benar ajaib,tapat di saat saat akhir keajaiban itu datang.

Sekilas memang PASRAH adalah cara yang dinilai Kaun Barat(maaf Tanpa bermaksud SARA danPolitik) adalah cara “PENGECUT”.

Hal itu karena bertentangan dengan sifat mereka yang Dinamis dan gemar berusaha.

Namun,Percayalah kawan PASRAH itu adalah suatu jawaban atas hasil usaha kita.

Yang penting berusaha dulu,optimis yakin bisa.

Namun apabila,tidak ya PASRAH saja.

Firman Allah dalam surat Al Talaq ayat 3:

“Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (Qs. at Talaq: 3)

 

MEMANG BENAR!!

Dan,sekali lagi percayalah kawan bahwa The Power of PASRAH itu,

100% NYATA!!!!!

(Tapi usaha dulu ya jangan belum apa2 langsung Pasrah duluan) ^^

 

Wassalam.

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (Qs. ar Ra‚Äôd : 11)

 

 

 

 

Posted December 23, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

Arti sebuah Fanatisme   1 comment


Hi,kawan2 semua akhirnya saya kembali nge-blog lagi lho…

Setelah sekian lama saya hibernasi dan kini akhirnya saya KEMBALI(Hore!!!!!plok..plok..plok,bunyi tepuk tangan bercampur dengan lemparan sendal.)

Menjelang berakhirnya taun 2010 ini saya ingin menampilkan sebuah tulisan terbaru saya yang sedikit menyinggung soal sepakbola,wabil khusus tentang FANATISME para suporter2nya. Tapi apakah sodara-sodara tau,apakah arti FANATISME sebenarnya??

INDONESIA RAYA….negri yang¬† Insya Allah kita cintai selamanya ini memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki suporter Sepakpola Terfanatic di dunia. Animo masyarakat akan olahraga si kulit bundar di negri ini yang begitu tinggi menjadi alasan kenapa di negri ini berdiri banyak organisasi2 Suporter Sepakbola.

Semakin banyak jumlah organisasi suporternya,semakin beragam pula warna atribut yang slalu menghiasi stadion tempat laga berlangsung serta terlihat di layar kaca kita. Dan semakin rawan juga gesekan antar suporter yang terjadi di negri ini. Hal tersebut tidak lepas dari kuatnya rasa fanatisme yang melekat dalam jiwa tiap2 insan suporter Indonesia. Namun,jika kita pikirkan sekali lagi bahwa rasa FANATISME yang berlebih tersebut akan menjadi pemicu TAWURAN atau GESEKAN yang sering terjadi antara suporter satu dengan yang lainnya.

 

Fanatisme berasal dari kata dasar Fanatic(Bhs.Inggris) yang berarti tergila-gila akan sesuatu. Sedangkan menurut mas Wikipedia,Fanatisme adalah  sebuah keadaan di mana seseorang atau kelompok yang menganut sebuah paham, baik politik,agama maupun kebudayaan atau apapun saja dengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurang baik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan dan konflik serius.

Dalam dunia persuporteran,bisa jadi Fanatisme diartikan sebagai rasa Cinta akan Klub sepakbola favoritnya hingga dapat membuat seseorang nekat dan rela melakukan apa saja untuk bisa mendukung tim kesayangannya itu.Fanatisme yg berlebihan ini akan berujung kepada rasa Chauvinisme(Rasa dimana seseorang menganggap kelompoknya lebih baik daripada kelompok lain).  Chauvinisme inilah yang nantinya akan memicu sesorang untuk menghardik kelompok lain yang dianggapnya tidak lebih bagus dari kelompoknya. Dan tak jarang hardikan itu menjurus kearah Rasis dan Anarkis.

Biasanya mereka yang kurang pendidikan(dalam arti luas,maaf agak kasar) dan berpikiran cetek(maaf kasar lagi) yang melakukan hal2 diatas. Namun mereka para Suporter Dewasa(bukan fisiknya,tapi pemikirannya) saya jamin tidak akan melakukan perbuatan seperti itu.

Sebagai contoh,diambil dari pengalaman pribadi saya sendiri. Pas itu saya sedang JJS(Jalan Jalan Sore) dengan menaiki sepeda motor Vario Putih kesayangan saya(Sekarang udah dijual ,I Miss U so,My baby ;’)). Dan saat itu aku sedang memakai Kaos ungu Persikmania. Pada saat itu pas dengan kemenangan Persik atas Persija dibabak 8 besar Piala Indonesia 2010(Persik masuk semifinal dengan kemenangan 2-0). Aku melewati daerah Pejuang Pratama,Bekasi, tiba-tiba ada rombongan anak-anak kecil(antara kelas 4 SD s/d 1 SMP) dan salah satu dari mereka yang memakai kaos klub berlogo kepala Singa bilang gini: “woe PERSIK (diikuti nama binatang), AR*MA nih!”

“Oahhh,Janc*k Jaran raimu leee…baru gae atribut AR*MA ae wes muni keo ngono,kampung!”….gumamku dalam hati,aku sengaja gak mempedulikannya karena aku pikir buat apa ngeladenin Anak kecil? Gak guna bos….wajar saja mereka masih anak anak dan pikirannya belum dewasa. Aku pun tetap berlalu sambil mendengarkan ocehan2 mereka. (Nggatheli,Mangkelno tp suwe2 maleh Marai Ngguyu) LOL.

Jadi jangan samapai kita2 semua dibutakn oleh rasa Fanatisme yang berlebihan. Kubur itu semua karena itu bisa jadi akan memecah belah kita.

Satukan tekad kita,wahai para suporter Indonesia!!

Doakan malam ini kita bisa menang lawan Filipina dan akan bertemu Malaysia di Final dan jadi juara. Okay?!!

SARNAMOR…

SAlam Radikal NAn berMORal…..

Demas Juragan Peyek Persikmania…

Posted December 19, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

Tak ada Pelaut Ulung yang Terlahir di Lautan Tenang   Leave a comment


Jepang???

Siapa sih yang ga kenal Jepang saat ini??

Manga?? Harajuku Style?? Naruto?? Tokyo?? ato Romusha???.

Istilah-istilah di atas adalah istilah yang sangat identik dengan NEGRI MATAHARI TERBIT. Begitu langsung disebutkan¬† pikiran kita secara otomatis langsung mengarah ke Negeri yang satu itu. Tapi sory sory jek,guwe gak lagi mau ngomongin soal itu. Kali ini lewat artikel ini guwe pingin ngajak elu-elu pada buat mengenal sebenarnya ada apa dibalik kesuksesan Jepang dewasa ini.Dan semua keberhasilan itu adalah “bawaan” dari masa lalu Negeri tersebut. Kok bisa?? Yok mari kita bahas……

Orang-orang Jepang itu dikenal sebagai SDM yang memiliki etos kerja yang tinggi,mereka dikenal ulet,tekun dan paling susah kalo diajak menyerah.Karakter ini adalah hasil bentukan dari nenek moyang mereka yang sudah terbiasa hidup dalam “keadaan susah”. Maksudnya??

Hal ini dimulai pada jaman dahulu kala ketika Jepang masih dibawah naungan kekasisaran Tiongkok yang pada saat itu dinaungi oleh dinasti-dinasti yang hebat dari masa ke masa.Dikala saat itu rakyat Jepang mesti harus bekerja keras tuk melepaskan diri dari pengaruh Tiongkok.

KONDISI GEOGRAFIS.

Disamping itu kondisi Jepang juga sebenarnya tidak telalu menguntungkan dari kondisi Geografisnya.Menemukan lapangan yang luas di Jepang itu susah-susah gampang,ga kayak di Indonesia yang disana-sini terhampar lahan dan lapangan luas.Lahan pertanian di Jepang juga sempit dan tidak sesubur di Indonesia,tapi mereka dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan para penduduknya yang tidak sedikit itu.Maka dari itu lah para pemuda pemudi dituntut untuk berpikir keras tuk bisa mengatasi problema itu. Dan…walhasil mereka berhasil memanfaatkan teknologi hidroponik dan sistem bertani menggunakan permadani untuk menyiasati minimnya lahan pertanian di negeri tersebut.Serta letak geografis Jepang yang terletak di dekat samudra Pasifik,dimana kita tahu bahwa lempengan2 di samudra tersebut gemar melakukan pergeseran dan mengakibatkan rawan gempa.Maka tak heran jika di Jepang banyak sekali kasus gempa bumi dan tak sedikit warganya yang meregang nyawa karena itu.Dari kondisi itulah mulai tergagas ide untuk membangun sebuah¬†bangunan tahan gempa yang sesuai namanya,bangunan itu tak mudah runtuh ketika didera gempa dan sekali lagi itu berkat keuletan mereka.

Tanpa ada maksud untuk mengagung-agungkan negri orang lain,saya pun bertanya dalam hati,kapan orang2 Indonesia bisa berpikir maju seperti itu? Haruskah kondisi negri kita menjadi seperti itu dulu?? Baru tercipta pemikiran2 yang luar biasa?? Jelas nggak kan?? Bersyukurlah karena negri kita tidak sesempit Jepang? Bahkan Jepang itu masih sangat jauh lebih kecil dibandingkan dengan Tanah Air kita…..dan¬† bersyukur juga bahwa negara kita tak sering dilanda gempa seperti yang Jepang alami.

Seperti kata pepatah: Memang tak ada pelaut ulung yang lahir dari lautan tenang.Dan tak ada pula orang besar yang terlahir dari kondisi yang tenang,datar dan tanpa ujian.

Posted September 15, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

  Leave a comment


1. Hukum Gravitasi Umum

Gaya yang menyebabkan benda jatuh ke tanah merupakan gaya yang membuat planet-planet terus mengitari matahari. Sir Isaac Newton adalah orang pertama yang mengetahui hal ini. Pada tahun 1687,ia membuktikan dan menjelaskan di dalam buku Principia, bahwa planet-planet mengitari matahari karena adanya gaya gravitasi(gaya tarik bumi) yang menarik planet itu ke arah matahari. Dalam penelitiannya,Newton juga menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan planet-planet supaya tetap pada orbitnya diperlukan sebuah gaya. Gaya tarik-menarik antara dua benda tersebut dipengaruhi jarak kedua benda tersebut,sehingga gaya gravitasi bumi berkurang sebanding dengan kuadrat jaraknya. Bunyi hukum gravitasi Newton adalah: Setiap partikel di alam semesta ini akan mengalami gaya tarik satu dengan yang lain. Besar gaya tarik-menarik ini berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. Secara matematis hukum gravitasi Newton dapat dituliskan sebagai berikut:

F = G m1.m2 /r2

Keterangan:

F = gaya tarik-menarik antara kedua benda

(N) m1 = massa benda pertama (kg)

m2 = massa benda kedua (kg)

r = jarak kedua benda (m)

G = tetapan gravitasi (G = 6,672.10-11 Nm2/kg2 )

Gaya Gravitasi merupakan besaran vektor. Jadi,bila ada lebih dari satu massa yang menghasilkan gaya,maka gaya gravitasi totalnya merupakan resultan dari vektor gravitasi benda-benda tersebut.

2. Medan Gravitasi

Medan gravitasi dapat diartikan sebagai daerah yang masih mendapat pengaruh gravitasi. Makin tinggi suatu tempat dari permukaan bumi, maka nilai gravitasinya makin kecil begitupun sebaliknya. Akan tetapi nilai gravitasi di titik pusat massa bumi adalah NOL. Gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda dan berada dalam medan gravitasi bumi dapat menimbulkan percepatan yang disebut dengan percepatan gravitasi bumi. Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut:

w = m.g = GMm/R3

Dari persamaan di atas didapatkan persamaan sebagai berikut:

 g = G M /R2

Keterangan:

 g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)

 r = jarak kedua benda (m)

G = tetapan gravitasi (G = 6,672.10-11 Nm2/kg2

M = massa bumi (kg)

m = massa benda (kg)

Posted September 11, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

Hello world!   1 comment


Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Posted September 10, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized