Arti sebuah Fanatisme   1 comment


Hi,kawan2 semua akhirnya saya kembali nge-blog lagi lho…

Setelah sekian lama saya hibernasi dan kini akhirnya saya KEMBALI(Hore!!!!!plok..plok..plok,bunyi tepuk tangan bercampur dengan lemparan sendal.)

Menjelang berakhirnya taun 2010 ini saya ingin menampilkan sebuah tulisan terbaru saya yang sedikit menyinggung soal sepakbola,wabil khusus tentang FANATISME para suporter2nya. Tapi apakah sodara-sodara tau,apakah arti FANATISME sebenarnya??

INDONESIA RAYA….negri yang  Insya Allah kita cintai selamanya ini memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki suporter Sepakpola Terfanatic di dunia. Animo masyarakat akan olahraga si kulit bundar di negri ini yang begitu tinggi menjadi alasan kenapa di negri ini berdiri banyak organisasi2 Suporter Sepakbola.

Semakin banyak jumlah organisasi suporternya,semakin beragam pula warna atribut yang slalu menghiasi stadion tempat laga berlangsung serta terlihat di layar kaca kita. Dan semakin rawan juga gesekan antar suporter yang terjadi di negri ini. Hal tersebut tidak lepas dari kuatnya rasa fanatisme yang melekat dalam jiwa tiap2 insan suporter Indonesia. Namun,jika kita pikirkan sekali lagi bahwa rasa FANATISME yang berlebih tersebut akan menjadi pemicu TAWURAN atau GESEKAN yang sering terjadi antara suporter satu dengan yang lainnya.

 

Fanatisme berasal dari kata dasar Fanatic(Bhs.Inggris) yang berarti tergila-gila akan sesuatu. Sedangkan menurut mas Wikipedia,Fanatisme adalah  sebuah keadaan di mana seseorang atau kelompok yang menganut sebuah paham, baik politik,agama maupun kebudayaan atau apapun saja dengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurang baik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan dan konflik serius.

Dalam dunia persuporteran,bisa jadi Fanatisme diartikan sebagai rasa Cinta akan Klub sepakbola favoritnya hingga dapat membuat seseorang nekat dan rela melakukan apa saja untuk bisa mendukung tim kesayangannya itu.Fanatisme yg berlebihan ini akan berujung kepada rasa Chauvinisme(Rasa dimana seseorang menganggap kelompoknya lebih baik daripada kelompok lain).  Chauvinisme inilah yang nantinya akan memicu sesorang untuk menghardik kelompok lain yang dianggapnya tidak lebih bagus dari kelompoknya. Dan tak jarang hardikan itu menjurus kearah Rasis dan Anarkis.

Biasanya mereka yang kurang pendidikan(dalam arti luas,maaf agak kasar) dan berpikiran cetek(maaf kasar lagi) yang melakukan hal2 diatas. Namun mereka para Suporter Dewasa(bukan fisiknya,tapi pemikirannya) saya jamin tidak akan melakukan perbuatan seperti itu.

Sebagai contoh,diambil dari pengalaman pribadi saya sendiri. Pas itu saya sedang JJS(Jalan Jalan Sore) dengan menaiki sepeda motor Vario Putih kesayangan saya(Sekarang udah dijual ,I Miss U so,My baby ;’)). Dan saat itu aku sedang memakai Kaos ungu Persikmania. Pada saat itu pas dengan kemenangan Persik atas Persija dibabak 8 besar Piala Indonesia 2010(Persik masuk semifinal dengan kemenangan 2-0). Aku melewati daerah Pejuang Pratama,Bekasi, tiba-tiba ada rombongan anak-anak kecil(antara kelas 4 SD s/d 1 SMP) dan salah satu dari mereka yang memakai kaos klub berlogo kepala Singa bilang gini: “woe PERSIK (diikuti nama binatang), AR*MA nih!”

“Oahhh,Janc*k Jaran raimu leee…baru gae atribut AR*MA ae wes muni keo ngono,kampung!”….gumamku dalam hati,aku sengaja gak mempedulikannya karena aku pikir buat apa ngeladenin Anak kecil? Gak guna bos….wajar saja mereka masih anak anak dan pikirannya belum dewasa. Aku pun tetap berlalu sambil mendengarkan ocehan2 mereka. (Nggatheli,Mangkelno tp suwe2 maleh Marai Ngguyu) LOL.

Jadi jangan samapai kita2 semua dibutakn oleh rasa Fanatisme yang berlebihan. Kubur itu semua karena itu bisa jadi akan memecah belah kita.

Satukan tekad kita,wahai para suporter Indonesia!!

Doakan malam ini kita bisa menang lawan Filipina dan akan bertemu Malaysia di Final dan jadi juara. Okay?!!

SARNAMOR…

SAlam Radikal NAn berMORal…..

Demas Juragan Peyek Persikmania…

Posted December 19, 2010 by juraganpeyek in Uncategorized

One response to “Arti sebuah Fanatisme

Subscribe to comments with RSS.

  1. OK cuy….
    ^^

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

